Setting Touch-Pad di Elementary OS Freya

13 Dec 2015

Kebetulan 2 minggu yang lalu saya beli laptop baru dan… ya biasa, instalasi dan ya gitu, melakukan beberapa setting supaya lebih ‘gue banget’. Kebetulan juga (banyak kebetulannya) saya liat video macbook yang ‘nggeser workspacenya enak banget pake 4 jari, srettt… Walhasil, sayapun jadi kabita dan langsung nyari-nyari tools apa yang bisa saya pake.

Okeh, akhirnya ada beberapa tools yang ternyata bisa saya gunakan untuk memaksimalkan kemampuan touch-pad saya tersebut, setelah sebelumnya cuma dipake buat scroll atas bawah pakek dua jari doang :smile:

Tools yang bisa dipake bisa macem-macem, dan ternyata secara bawaan di elementary os juga ternyata sudah ada, yaitu ginn dan setelah saya coba-coba browsing dan coba melakukan beberapa konfigurasi dengan hasil hampir 70% touch-pad saya tidak bekerja dengan baik. Sebenarnya sama ginnya (touch-pad saya kedetect) hanya saja entah kenapa ginn gak ngejalanin perintahnya. Terus saya coba-coba install aplikasi lain, dan nemulah touchegg. Awalnya agak ragu juga, soalnya direpositorynya sendiri update-an terakhir adalah 2 tahun lalu, sedangkan saya baru aja beli laptop 2 minggu yang lalu, bisa saja hardware saya tidak compatible, fikir saya. Tapi setelah saya coba akhirnya justru malah hasilnya lebih baik, dan langsung ajah saya coba cari-cari konfigurasi yang orang lain pakek buat aplikasi ini, dan akhirnya nemu juga. Saya lupa dari mana sumbernya :smile: tapi mudah-mudahan ‘mpunya’ gak ngamuk :smile: dan saya backup langsung di gists saya, supaya nanti saya bisa pakek lagi kalo suatu saat saya install ulang lagi.

Oke, berikut ini step buat masang touchegg di elementary os:

  1. Install touchegg dengan command: sudo apt-get install touchegg atau build langsung dari source codenya.
  2. Tambahkan file konfigurasinya, kopi dari sini, dan simpan di ~/.config/touchegg/touchegg.conf
  3. Tambahkan touchegg agar dijalankan pas start-up, caranya ada di System Settings dibagian Applications dan di tab Startup dan klik tanda plus (+) di bagian kiri bawah dan tuliskan /usr/bin/touchegg lalu tekan enter.
  4. Selesai, coba logout dan login lagi. Terus coba geser workspace dengan 4 jari (kekiri atau kekanan). Atau expands workspace dengan slide 4 jari kearah atas.

Itu ajah. Untuk distro linux yang lain mungkin tidak terlalu jauh berbeda :smile: